Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Dalam Berinteraksi Dengan Dosen Selama Pembelajaran Daring di FKIP Universitas Borneo Tarakan
Abstract
Penelitian ini memfokuskan Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan Dosen Selama Pembelajaran Daring di FKIP Universitas Borneo Tarakan menggunakan teori Brown dan Levinson yang menitikberatkan kesantunan berbahasa melalui muka positif dan muka negatif penutur bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang mempunyai karakteristik alami (natural setting) sebagai sumber data langsung, deskriptif, proses lebih dipentingkan dari pada hasil, analisis dalam penelitian kualitatif dilakukan secara analisa induktif serta makna merupakan hal yang esensial. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sadap, simak, bebas libat cakap, dan catat. Teknik analisis data dilakuakn dengan tiga langkah yakni reduksi, display, dan inferensi. Dari keseluruhan data yang menunjukkan muka positif dan muka negatif mahasiswa saat berinteraksi dengan dosen melalui aplikasi whatshapp dapat diketahui bahwa mahasiswa sudah lebih dominan menggunakan bahasa yang formal walaupun masih ada beberapa yang menggunakan bahasa yang santai dan belum terlalu memahami menyesuaikan pemilihan diksi berdasarkan jarak sosial lawan tutur. Mahasiswa yang menggunakan bahasa yang santai dan tidak formal dipengaruhi oleh perasaan dekat dengan dosen dan mahasiswa cenderung mengabaikan makna dari tiap diksi yang digunakan, sedangkan bahasa yang paling santun digunakan lebih ke salam pembuka, mohon maaf menggangu, dan ucapan terima kasih.
Kata Kunci: keasantunan berbahasa, mahasiswa, pragmatik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i2.25988
Article Metrics
Abstract view : 278 timesPDF - 475 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muhammad Ilham, M. Naufal Ruanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License