Media Mobile Learning Bermuatan Kearifan Lokal Dalam Menulis Cerita Pendek Kelas IX SMA
Abstract
Sumber belajar menjadi salah komponen pembelajaran yang akan mempengaruhi hasil evaluasi peserta didik. Keadaan lapangan menunjukkan rendahnya hasil evaluasi peserta didik. Hal itu disebabkan kurangnya sumber belajar, serta kebutuhan waktu peserta didik untuk memahami materi. Kurangnya sumber belajar mengakibatkan hasil evaluasi belajar dari peserta didik memiliki tingkat kesamaan, keragaman sehingga menghilangkan esensi serta kekreatifitasan dalam kompetensi menulis. Kurangnya waktu dalam memahami materi juga merupakan salah satu masalah umum yang kerap dihadapi. Perkembangan teknologi harus dimanfaatkan dalam bidang pendidikan untuk membantu menyelesaikan permasalahan, khususnya dalam keterampilan menyajikan teks cerita pendek, diantaranya adalah mobile learning. Pokok masalah yang dibahas pada paper ini adalah mendeskripsikan karakteristik sumber belajar menyajikan teks cerita pendek bermuatan kearifan lokal berbasis mobile learning, mendeskripsikan penyusunan prinsip-prinsip penyusunan mobile learning yang meliputi aspek teknis, aspek isi dan juga aspek desain. Hal ini dilakukan untuk menentukan sumber belajar dalam membantu permasalahan dalam bidang pendidikan, khususnya menyajikan teks cerita pendek dengan muatan kearifan lokal yang selaras dengan perkembangan teknologi industri 4.0. dan karakter abad 21. Oleh karenanya sangat diperlukan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman serta dengan menyeimbangkan nilai-nilai leluhur
KATA KUNCI: Sumber Belajar, Menyajikan Teks Cerita Pendek, Mobile Learning, Kearifan Lokal
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i2.25989
Article Metrics
Abstract view : 373 timesPDF - 293 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Adhetia Sukma Fitriani, Haryadi Haryadi, Rahayu Pristiwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License