Efektivitas Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis Teks eksposisi menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), strategi pembelajaran konvensional. Strategi manakah yang lebih efektif, apakah Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) atau konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen tes kemampuan menulis Teks eksposisi berbentuk tulisan/karangan. Tes ini diujikan sebanyak 2 (dua) kali. Setelah masing-masing kelompok mengikuti pretes maka diberi perlakuan menggunakan SPPKB dan konvensional. Karena penelitian ini bersifat komparatif, maka harga skor variabel XA dan variabel XB diperbandingkan satu sama lain. Perbandingan yang digunakan adalah statistik “t”.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i2.36285
Article Metrics
Abstract view : 288 timesPDF - 240 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ati Rosmiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License