Praktikalitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual di SMAN 1 Lengayang

Atika Gusriani, Zherry Putria Yanti

Abstract


Perangkat pembelajaran yang tepat dan disertai pendekatan dan metode pengajaran yang sesuai sangat mempengaruhi tujuan pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pembelajaran menulis resensi. Selama ini perangkat pembelajaran yang digunakan belum berlajaran secara optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri atas empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual divalidasi oleh para ahli. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat melalui hasil respons guru dan siswa serta analisis observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil uji praktikalitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual oleh pendidik adalah 95,48% dengan kategori sangat praktis, dan rata-rata hasil uji praktikalitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual menurut peseta didik adalah 80,25 dengan praktis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i3.38816

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Atika Gusriani, Zherry Putria Yanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License