Menyelisik Buku Teks Bahasa Indonesia sebagai Sumber Belajar di SMK
Abstract
Buku teks memuat substansi konten materi yang harus diajarkan kepada siswa dan digunakan guru sebagai bahan referensi dalam melakukan aktivitas pembelajaran. Buku teks tidak hanya digunakan oleh guru melainkan oleh siswa. Buku teks digunakan oleh siswa sebagai pedoman dalam belajar. Buku teks yang diteliti dalam penelitian ini adalah buku teks bahasa Indonesia SMA/SMK kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh Kemdikbud dan digunakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan bukti secara empirik dari guru dan siswa terkait penilaian terhadap buku teks bahasa Indonesia SMA/SMK yang digunakan oleh guru dan siswa SMK. Data diperoleh dari hasil angket yang dibagikan kepada guru dan siswa SMK melalui google form. Prosedur penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data secara deskriptif kualitatif dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar guru bahasa Indonesia di SMK menggunakan buku teks bahasa Indonesia SMA/SMK kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh Kemdikbud. Buku teks bahasa Indonesia telah sesuai dengan standar Isi dan Kompetensi Dasar serta mudah dipahami siswa sehingga membantu siswa dalam belajar dan memecahkan permasalahan dalam kehidupan nyata. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan buku teks bahasa Indonesia SMA/SMK belum mengarahkan siswa untuk meningkatkan kompetensi keahlian sesuai dengan kejuruan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i4.41391
Article Metrics
Abstract view : 152 timesPDF - 177 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ai Santi, Zulkarnain Zulkarnain, Andoyo Sastromiharjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License