Efektivitas Literasi Digital Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas VIII di SMP Swasta Talitakum Medan
Abstract
Peningkatan Minat Baca Siswa Kelas VIII di SMP Swasta Talitakum Medan menjadi tujuan utama penelitian ini. Melalui literasi digital dapat mendorong minat baca siswa secara signifikan. Metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif dan dianalisis megggunakan regresi linear sederhana. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Kuisioner dibagi kepada 20 siswa sebagai sampel penelitian dengan menentukan sampel mengaplikasikan teknik Total Sampling. Mengacu pada hasil yang didapat, R sebanyak 0,725 mengindikasikan bahwa ikatan antara literasi digital (X) dan minat baca (Y) menyatakan kuat. Berdasarkan uji F terbukti bahwa Fhitung 19.984 > Ftabel 4,41, dapat dinyatakan hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Selain itu, jumlah nilai koefisien determinasi didapat sebesar 0,526, dan menyatakan bahwa variabel literasi digital sangat mempengaruhi minat pembaca sebesar 52%. Sementara, 48% lainnya disebabkan oleh pengaruh eksternal. Maka dapat dikatakan literasi digital memiliki efektivitas dan pengaruh positif terhadap meningkatkan minat membaca siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i4.54552
Article Metrics
Abstract view : 87 timesPDF - 264 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Christin Agustina Purba, Astrina Sitanggang, Erika Paulina Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License