Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B di TK Al-Khairiyah

Aziz Thaba, Indramini Indramini, Asri M. Nur Hidayah, Adri Adri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menyimak anak kelompok B TK Al-Khairiyah dapat meningkat dengan penggunaan media audiovisual. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilakukan oleh dua peneliti yang bertindak sebagai observer dan pengajar di satu kelas, yaitu anak kelompok B TK Al-Khairiyah Luwu Timur. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam 2 (dua) siklus, dengan prosedur-prosedur, yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan ( 4) refleksi dalam setiap siklus. Hasil yang ditemukan adalah kemampuan menyimak anak kelompok B TK Al-Khairiyah setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes menyimak, anak mendapat nilai ratarata pada siklus I adalah 57.11 dan pada siklus II adalah 66,34. Kemampuan menyimak anak sebelum menggunakan media audiovisual lebih rendah dengan nilai rata-rata yaitu 50,76. Selain itu, anak terlihat lebih antusias dan termotivasi dalam belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v12i4.54594

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aziz Thaba, Indramini Indramini, Asri M. Nur Hidayah, Adri Adri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License