Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Pariwara Melalui Media Pembelajaran Canva

Authors

  • Andy Nugraha Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Nur Hanifah Insani Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media canva terhadap hasil belajar menulis pariwara siswa SMAN 1 Nguter. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest and posttest. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Nguter Kabupaten Sukoharjo pada bulan Agustus 2024 dengan sampel sebanyak 35 siswa yang diperoleh melalui cluster random sampling. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan angket. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan menggunakan uji paired sample t-test dan uji N Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran canva berpengaruh terhadap hasil menulis pariwara siswa dengan nilai sig 0,000. Media canva terbukti berkategori tinggi dan efektif untuk meningkatkan hasil menulis teks pariwara dengan N-Gain 82,04 atau 82,04%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru bahasa Jawa untuk menerapkan media pembelajaran canva pada pembelajaran pariwara. Kata Kunci: Pengaruh; canva; hasil belajar; menulis; pariwara 

Downloads

Published

2025-09-30