Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Pariwara Melalui Media Pembelajaran Canva
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media canva terhadap hasil belajar menulis pariwara siswa SMAN 1 Nguter. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest and posttest. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Nguter Kabupaten Sukoharjo pada bulan Agustus 2024 dengan sampel sebanyak 35 siswa yang diperoleh melalui cluster random sampling. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan angket. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan menggunakan uji paired sample t-test dan uji N Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran canva berpengaruh terhadap hasil menulis pariwara siswa dengan nilai sig 0,000. Media canva terbukti berkategori tinggi dan efektif untuk meningkatkan hasil menulis teks pariwara dengan N-Gain 82,04 atau 82,04%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru bahasa Jawa untuk menerapkan media pembelajaran canva pada pembelajaran pariwara. Kata Kunci: Pengaruh; canva; hasil belajar; menulis; pariwaraDownloads
Published
2025-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Andy Nugraha Utomo, Nur Hanifah Insani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.