Survei Tingkat Pemahaman Pemain Sepak Bola Tentang Peraturan Permainan Sepak Bola (Laws Of The Game) 2014/2015 Pada Klub Persatuan Sepakbola Medan Sekitarnya (PSMS) Medan Tahun 2016

Zul Andri, Syamsul Gultom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran Tingkat pemahaman pemain sepakbola tentang peraturan permainan sepakbola (laws of the game ) 2014/ 2015 pada klub Persatuan Sepakbola Medan Sekitarnya (PSMS) Medan 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh pemain Klub PSMS yaitu sebanyak 24 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total sampling yaitu keseluruhan dari total populasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Data diambil dengan menggunakan angket, kemudian dilakukan penyebaran angket dilokasi penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan.

Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif persentase. Berdasarkan analisis, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemain sepakbola klub Persatuan Sepakbola Medan Sekitarnya (PSMS) Medan mempunyai pemahaman yang Tinggi terhadap peraturan sepakbola (laws of the game) 2014/2015. Didapatkan hasil kategori “sangat tinggi” sebanyak 6 pemain dengan persentase 25 %, kategori “tinggi” sebanyak 17 pemain dengan persentase 70,8 %, kategori “Sedang” sebanyak 1 pemain dengan persentase 4,2%,. Dapat disimpulkan bahwa pemain sepakbola klub Persatuan Sepakbola Medan Sekitarnya (PSMS) Medan mempunyai pemahaman yang “tinggi” terhadap peraturan permainan sepakbola (laws of the game) 2014/2015.

 

Kata kunci: Tingkat Pemahaman, Peraturan permainan, PSMS Medan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ko.v1i1.12880

Article Metrics

Abstract view : 503 times
PDF - 731 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Ilmu Keolahragaan

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kode Pos 20221

Lisensi Creative Commons


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.