Pengaruh Latihan Treadmill Terhadap Penurunan Persentase Lemak Tubuh Dan Berat Badan Pada Penderita Overweight Mahasiswa Ikor 2012 – 2014

Suyogi Prasetyo, Jumadin IP

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan treadmill terhadap penurunan persentase lemak tubuh dan penurunan berat badan pada penderita overweight. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa IKOR stambuk 2012-2014 yang menderita overweight. Sampel berjumlah 8 orang yang diambil dengan cara total sampling.

Pada sampel diukur persentase lemak tubuh dan berat badan sebelum mendapat latihan treadmill selama 6 minggu. Setelah selesai mendapat latihan treadmill persentase lemak tubuh dan berat badan diukur kembali.

   Dari hasil analisis data dengan uji-t berpasangan  menunjukkan adanya perbedaan yang tidak bermakna pada berat badan sebelum dan sesudah latihan treadmill (p = 0,064) pada penderita overweight mahasiswa IKOR 2012-2014. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak bermakna pada persentase lemak tubuh     (p= 0,066) pada penderita overweight mahasiswa IKOR 2012-2014.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa latihan treadmill tidak memberikan pengaruh terhadap penurunan berat badan dan persentase lemak tubuh secara signifikan pada penderita overweight mahasiswa IKOR 2012-2014 UNIMED.

 

Kata Kunci : Latihan Treadmill, Persentase Lemak Tubuh, dan Berat Badan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ko.v1i1.12881

Article Metrics

Abstract view : 267 times
PDF - 961 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Ilmu Keolahragaan

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kode Pos 20221

Lisensi Creative Commons


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.