Tingkat Motivasi Wisatawan Domestik Pada Arung Jeram Explore Sumatera Desa Namo Sira-Sira Kecamatan Sei Binge Kabupaten Langkat Tahun 2015

Indra Pranata Hutagalung, Rosmaini Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang Tingkat Motivasi Wisatawan Domestik Pada Arung Jeram ExploreSumatera Desa Namo Sira-sira Kecamatan Sei Binge Kabupaten Langkat Tahun 2015.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan Angket. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengunjung yang ada di Explorer Sumatera. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 90 orang dengan teknik Insidental sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup. Angket yang digunakan adalah untuk menjaring data motivasi dari setiap wisatawan pada Arung Jeram Explore Sumatera.

            Hasil penelitian diperoleh bahwa  tingkat motivasi wisatawan domestik  pada arung jeram Explore Sumatera tahun 2015 tergolong dalam kategori “Tinggi”, dengan persentase 79,99%. Escape memiliki persentase sebesar 86,11%, Relaxation memiliki persentase sebesar 82,77%, Play memiliki persentase sebesar 82.22%, Strengthening family bond memiliki persentase sebesar 84,16%, Prestige memiliki persentase sebesar 66,25%, Social Interaction memiliki persentase sebesar 82,5%, Romance memiliki persentase sebesar 73,19%, Educational Opportunity memiliki persentase sebesar 90%, Self-fulfilment memiliki persentase sebesar 79,44%, Wish-fulfilment memiliki persentase sebesar 73,33%.

 

Kata kunci: Motivasi, Arung Jeram

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ko.v1i1.12884

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Ilmu Keolahragaan

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kode Pos 20221

Lisensi Creative Commons


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.