Penerapan Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pada Siswa Kelas VIII Smp Terpadu Al-Farabi

Nurhamida Sari Siregar, Fery Juanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Brain Gym dalam meningkatkan konsentrasi siswa. Manfaat penelitian ini menambah wawasan tentangpeningkatan konsentrasi siswa melalui penerapanBrain Gym. Metode penelitian merupakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental design. Instrumen penelitian menggunakan speed anticipation. Teknik analisis data yang digunakan analis kuantitatif, dengan menggunakan uji normalitas, uji shapiro wilk, dan uji t berpasangan. Hasil  penelitianmenunjukkan bahwa tingkat konsentrasi siswa sebelum diberi penerapan dengan kriteria baik (0,00%), dan setelah diberi penerapandengan kriteria baik (85,00%), meunjukkan adanyapeningkatan sebesar 85,00%. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai significancy 0,000 (p < 0,05).Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh penerapan Brain Gym dalam meningkatkan konsentrasi siswa. Saran bagi kepala sekolah hasil penelitian dapat jadi acuan pengambilan keputusan belajar mengajar dan bagi guru diharapkan dapat mengaplikasikan penerapan Brain Gym sebelum pembelajaran berlangsung.

Kata Kunci: Brain Gym, Konsentrasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ko.v1i2.12889

Article Metrics

Abstract view : 187 times
PDF - 1031 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Ilmu Keolahragaan

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kode Pos 20221

Lisensi Creative Commons


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.