Penerapan Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pada Siswa Kelas VIII Smp Terpadu Al-Farabi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Brain Gym dalam meningkatkan konsentrasi siswa. Manfaat penelitian ini menambah wawasan tentangpeningkatan konsentrasi siswa melalui penerapanBrain Gym. Metode penelitian merupakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental design. Instrumen penelitian menggunakan speed anticipation. Teknik analisis data yang digunakan analis kuantitatif, dengan menggunakan uji normalitas, uji shapiro wilk, dan uji t berpasangan. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa tingkat konsentrasi siswa sebelum diberi penerapan dengan kriteria baik (0,00%), dan setelah diberi penerapandengan kriteria baik (85,00%), meunjukkan adanyapeningkatan sebesar 85,00%. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai significancy 0,000 (p < 0,05).Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh penerapan Brain Gym dalam meningkatkan konsentrasi siswa. Saran bagi kepala sekolah hasil penelitian dapat jadi acuan pengambilan keputusan belajar mengajar dan bagi guru diharapkan dapat mengaplikasikan penerapan Brain Gym sebelum pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci: Brain Gym, Konsentrasi.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/ko.v1i2.12889
Article Metrics
Abstract view : 211 timesPDF - 1120 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Program Studi Ilmu Keolahragaan
Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan
Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kode Pos 20221
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.