PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP KETERAMPILAN GERAK LOMPAT PADA SISWA TKQ BAITURRAHMAN MEDAN

Nadhira Yasmine Ahmad, Indah Verawati

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin lama bertambah canggih, banyak orang yang dimanjakan oleh teknologi modern seperti televisi, handphone, playstation dan smartphone. banyak orang tua beranggapan bahwa permainan yang berkualitas adalah jenis-jenis permainan dari bahan-bahan yang mahal, permainan digital yang memiliki kesan modern ini banyak menimbulkan dampak negatif. Permainan yang aman dan berkualitas salah satunya adalah permainan tradisional. Salah satu permainan tradisional yang dikenal adalah permainan engklek. Permainan engklek selain dapat mengembangkan kemampuan kognitif dan kedisiplinan, dalam permainan tradisional engklek terdapat sebagian besar gerak tubuh yang mempengaruhi kemampuan anak, salah satunya kemampuan gerak dasar lompat. Penelitian dilakukan di TKQ Baiturrahman, Jln. Menteng VII No. 42, Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data dengan mengunakan tes dan pengukuran. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi TKQ Baiturrahman Medan pada tahun Ajaran 2021 yang berjumlah 18 orang. Permainan Tradisional Engkek di lakukan 3 kali dalam seminggu selama 3 minggu. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil ststistik uji-t berpasangan didapatkan ada peningkatan keterampilan gerak lompat setelah diberikan permainan tradisional engklek pada sampel penelitian. Hasil dari uji-t berpasangan keterampilan gerak  yaitu 1,74 < 3,31. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang bermakna (signifikan) keterampilan gerak lompat. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari permainan Tradisional Engklek terhadap keterampilan gerak lompat  pada siswa TKQ Baiturrahman.

 

Kata Kunci : Engklek, Anak - anak, Permainan, Lompat

 

Abstrack

The development of technology that is increasingly sophisticated, many people are spoiled by modern technology such as television, cellphones, playstations and smartphones. Many parents think that quality games are the types of games made from expensive materials, digital games that have a modern impression have a lot of negative impacts. One of the safe and quality games is traditional games. One of the traditional games known is the engklek game. In addition to being able to develop cognitive abilities and discipline, in traditional engklek games, there are most of the body movements that affect children’s abilities, one of which is the ability to jump basic movement. Research conducted at TKQ Baiturrahman, Jln. Menteng VII No. 42, Medan, from May 2021 to July 2021. The method used in this study is an experimental method with data collection techniques using tests and measurements. Research sample is kindergarten student TKQ Baiturrahman Medan  in the 2021 Academic year, totaling 18 people. Traditional engklek games done 3 times a week for 3 weeks. Technique analisys data in this study using t-test. Statistical results t-test in pairs It was found that there was an increase on the jumping skills after being given traditional engklek games on Research sample. The results of the paired t-test for the jumping skills  , namely 1,74 < 3,31. This shows that there is a significant (significant) increase on the jumping skills. Based on the research results obtained from data analysis It is concluded that there is an significant  effect of the traditional Engklek game on the jumping skills of TKQ Baiturrahman students.

 

Keywords: Engklek, Children, Game, Jump


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ko.v5i2.29451

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 432 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Ilmu Keolahragaan

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kode Pos 20221

Lisensi Creative Commons


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.