RANCANGAN SENAM KREASI MODEL ETNIS MANDAILING DENGAN MENGGUNAKAN TAMPAH PADA SISWA KELAS VII DI MTS PONPES TPI PURBA SINOMBA

Nurkholida Pohan, Indah Verawati

Abstract


Olahraga merupakan kebutuhan hidup manusia agar kondisi fisik dan kesehatannya tetap terjaga. Kegiatan aktivitas olahraga di Indonesia tidak lepas dari unsur kebudayaan (etnis) yang memiliki karakter berbeda dan memiliki pola gerak yang dihasilkan dari tradisi budaya pada suatu kelompok masyarakat baik masyarakat modern maupun tradisional. Salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani adalah senam. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang tepat untuk meningkatkan kebugaran jasmani melalui rancangan senam kreasi.

Meningkatkan kebugaran siswa dalam melakukan senam kreasi perlu adanya latihan-latihan, strategi pada pembelajaran senam kreasi terutama pada gerakan ayunan kaki, ayunan tangan, mengkoordinasikan gerakan kaki dan tangan dengan menggunakan alat, serta menyesuaikan gerakan dengan irama. Penelitian ini dilakukan di PONPES TPI Purba Sinomba, Jln. Napagadung Laut, Desa Purba Sinomba, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara, berlangsung pada bulan Februari sampai bulan Maret tahun 2022. Tujuan dalam penelitian ini adalah menciptakan rancangan senam untuk siswa di MTs PONPES TPI Purba Sinomba. Pada penelitian pengembangan ini, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Hasil penelitian pada uji kelompok kecil dengan persentase 74,67% dalam kategori layak, revisi ahli dengan persentase 88% dalam kategori sangat layak. Pada uji coba kelompok besar dengan persentase 90% dalam kategori sangat layak, kemudian revisi ahli dengan persentase 97,5% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa produk senam kreasi etnis Mandailing sudah sangat layak untuk dipublikasikan kepada siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/ko.v6i2.42394

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 595 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Program Studi Ilmu Keolahragaan

Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan

Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara – Indonesia
Kode Pos 20221

Lisensi Creative Commons


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.