PENGARUH PERMAINAN LOMPAT TALI SKIPPING TERHADAP GERAK DASAR LOMPAT PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 06 MEDAN

Authors

  • Kuntum Khoiroh Ummah Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan
  • Indah Verawati Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan
  • Nurhayati Simatupang Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Medan
  • Agus Salim Samosir Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri MEdan
  • Puji Ratno Fakultas Ilmu Keolahragaan

DOI:

https://doi.org/10.24114/ko.v9i2.61981

Abstract

Penelitian pada kelas V SD Muhammadiyah 06 Medan dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil kemampuan lompat pada siswa. Hal ini terlihat dari kemampuan melompat siswa yang belum mencapai kriteria baik anak usia 10-11 tahun. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Permainan Lompat Tali Skipping Terhadap Gerak Dasar Lompat Pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 06 Medan Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Latihan diberikan selama 5 minggu (18 kali pertemuan). Sampel penelitian terdiri 25 siswa kelas V SD Muhammadiyah 06 Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa dengan teknik pengambilan total sampling, yang kemudian sampel dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 12 orang kelompok eksperimen yang diberi perlakuan latihan permainan lompat tali skipping serta 13 orang kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan uji paired samples test (berpasangan). Hasil uji-t berpasangan didapatkan ada peningkatan keterampilan gerak dasar lompat setelah diberikan perlakuan permainan lompat tali skipping pada kelompok eksperimen. Hasil uji-t berpasangan gerak dasar lompat kelompok eksperimen nilai signifikan < α (0,05) yaitu 0,00 < 0,05. maka Ho ditolak, Ha diterima (signifikan). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Permainan Lompat Tali Skipping Terhadap Gerak Dasar Lompat Pada Siswa Kelas V SD Muhammdiyah 06 Medan Tahun 2024.

Downloads

Published

2025-10-14