ANALISIS KESESUAIAN ANTARA KOMPONEN RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 LANGSA DAN KURIKULUM 2013
Abstract
Penelitian yang berjudul “Analisis Kesesuaian antara Komponene RPP Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 14 Langsa dan Kurikulum 2013” ini bertujuan mendeskripsikan kesesuaian antara RPP mata pelajaran bahasa Indonesia yang disusun oleh guru dan kurikulum 2013 di SMP Negeri 14 Langsa dan mendeskripsikan persentase kesesuaian komponen RPP mata pelajaran bahasa Indonesia tersebut. Sumber data penelitian ini adalah RPP yang dikembangkan oleh emapt guru bahasa Indonesia di SMPN 14 Langsa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik telaah dokumentasi dan pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu secara keseluruhan RPP yang disusun oleh empat responden banyak mengandung ketidaksesuaian dengan isi Permendikbud Nomor 81A tahun 2013 dalam komponen perumusan indikator pencapaian kompetensi; ketepatan dalam menggunakan kata kerja operasional; penyajian materi ajar dan organisasinya; kesesuaian antara sumber belajar dan karakter Kurikulum 2013; kejelasan dan kerincian skenario pembelajaran; kesesuaian teknik/metode pembelajaran; dan kelengkapan instrumen penilaian. Persentase kesesuaian komponen RPP mata pelajaran bahasa Indonesia yang disusun oleh empat guru di SMP Negeri 14 Langsa adalah 62,8%.
Kata kunci: analisis, komponen, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.11697
Article Metrics
Abstract view : 1782 timesPDF - 9943 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA