PEMEROLEHAN BAHASA ANAK (KAJIAN MEAN LENGTH OF UTTERENCE ‘MLU’) LUZCA FORTUNATA ROITO SITUMORANG (ANAK USIA SATU TAHUN SEBELAS BULAN)

Maria Simanjuntak

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada seorang anak yang berusia satu tahun sebelas bulan. Anak ini bernama Luzca Fortunata Roito Situmorang anak dari  Bapak M.Situmorang dan Ibu E. Br. Nadeak.

Penelitian dilakukan untuk melihat kemampuan anak tersebut dalam berbicara dengan menggunakan satu kata, dua kata, tiga kata, empat kata dan lima kata. Penelitian ini menggunakan teknik kajia Mean Length  of   Unterenncce  (MLC).

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam kata-kata yang disampaikan oleh si anak dengan menggunakan Handphone metode yang dipakai metode sadap dan catat kemudian hasil rekaman dituliskan dan dianalisis.Cara menganalisis dengan melihat morfem dan sintaksis yang dipakai oleh anak.

Dari hasil penelelitian diketahui bahwa kemampuan berbahasa si anak tersebut sangat tinggi. Sehingga penulis menyimpulkan bahwa anak tersebut sangat cerdas dalam berbicara.

 

Kata kunci : Pemerolehan bahasa, Mean Length  of   Unterenncce  (MLC),morfem, sintaksis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.11699

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 2091 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA