KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK OLEH SISWA KELAS VII MTS PROYEK KANDEPAG MEDAN

Ririn Susmita

Abstract


Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menceritakan kembali cerita anak oleh siswa kelas VII MTs Proyek Kandepag Medan Tahun Pembelajaran. Lokasi penelitian adalah MTs Proyek Kandepag Medan Tahun Pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Proyek Kandepag Medan Tahun Pembelajaran yang berjumlah 74 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII1 dan VII2 dengan jumlah siswa sebanyak 74 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes essai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif yaitu metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki siswa dalam menceritakan kembali cerita anak oleh siswa kelas VII MTs Proyek Kandepag Medan. Hasil pengelolahan data yang dilakukan dari 74 siswa. 36 siswa yang memiliki nilai 66-79 (baik, 48%) dengan nilai 70. 19 siswa yang memiliki nilai 40-55 (kurang, 26%) dengan nilai 50, 19 siswa yang memiliki nilai 0-39 (gagal, 26%) dengan nilai 30. Dari penelitian ini, dapat diketahui nilai rata-rata seluruh siswa yang berjumlah 74 siswa dari kemampuan menceritakan kembali cerita anak hasil observasi adalah 81,09.

 

Kata Kunci: Kemampuan Menceritakan Kembali, Cerita Anak


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11711

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF - 498 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA