ANALISIS PSIKOLOGIS NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE LIYE

Rusda Nita Nelly Manurung

Abstract


Abstrak..Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran psikologis tokoh-tokoh yang terdapat dalam novel “Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci AnginKarya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah seluruh isi dari novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye. Yang terdiri dari 264 halaman terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama tahun 2015 cetakan ke-19. Data penelitiannya yaitu gambaran psikologis yang terdapat pada tokoh-tokoh dalam novel tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi.

Setelah data dianalisis diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa gambaran psikologis yang terjadi pada tokoh-tokoh yang terdapat dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye. Terungkap jelas pada tokoh Tania dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye adalah seorang gadis cerdas, tangguh, dan dan memiliki prinsip hidup yang kuat, ia memiliki gejala-gejala kejiwaan yaitu kesedihan atau duka cita yang mendalam, kebencian atau perasaan benci, perasaan marah, perasaan bersalah, menghukum dirinya sendiri, dan yang terakhir cinta.

Tokoh Danar dalam novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye adalah berhati baik, penolong, dan pekerja keras, ia memiliki gejala-gelaja kejiwaan yaitu perasaan marah, merasa bersalah yang mendalam, kesedihan atau duka cita, menghukum diri sendiri dan yang terakhir cinta.

 

Kata Kunci:   Analisis Psikologis, Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11712

Article Metrics

Abstract view : 870 times
PDF - 2774 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA