ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA RAGAM TULIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BABALAN PANGKALAN BERANDAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan Pangkalan Berandan berdasarkan kategori linguistik (fonologi, morfologi, sintaksis, dan leksikon). Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan interferensi B1 (bahasa Jawa, Melayu, batak karo dan batak toba) terhadap bahasa Indonesia dalam karangan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analistis. Data diperoleh dari 140 karangan yang dibuat dua kali oleh 70 orang siswa dari gabungan Kelas VIIIa dan VIIIb SMP Negeri 1 Babalan Pangkalan Berandan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes mengarang, hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan fonologi, morfologi, sintaksis, dan leksikon. Berdasarkan hasil pengamatan, kesalahan di bidang fonologi jumlahnya lebih besar daripada tiga kesalahan di bidang yang lain. Selain itu, ditemukan bahwa kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan Pangkalan Berandan oleh pengaruh B1 siswa dan juga kegagalan merefleksikan ciri-ciri umum kaidah bahasa Indonesia yang sedang dipelajari.
Kata-kata kunci : analisis kesalahan berbahasa, ragam tulis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.11722
Article Metrics
Abstract view : 583 timesPDF - 2089 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA