ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA RAGAM TULIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BABALAN PANGKALAN BERANDAN

Lina Meriaty Simbolon

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan Pangkalan Berandan  berdasarkan kategori linguistik (fonologi, morfologi, sintaksis, dan leksikon). Penelitian ini juga bertujuan mendeskripsikan interferensi B1 (bahasa Jawa, Melayu, batak karo dan batak toba) terhadap bahasa Indonesia dalam karangan siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analistis. Data diperoleh dari 140  karangan yang dibuat dua kali oleh  70 orang siswa dari gabungan Kelas VIIIa dan VIIIb SMP Negeri 1 Babalan Pangkalan Berandan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes mengarang, hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan fonologi, morfologi, sintaksis, dan  leksikon. Berdasarkan hasil pengamatan, kesalahan di bidang fonologi jumlahnya lebih besar daripada tiga kesalahan di bidang yang lain. Selain itu, ditemukan bahwa kesalahan berbahasa dalam karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babalan Pangkalan Berandan oleh pengaruh B1 siswa dan juga kegagalan merefleksikan ciri-ciri umum kaidah bahasa Indonesia yang sedang dipelajari.

 

Kata-kata kunci : analisis kesalahan berbahasa, ragam tulis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.11722

Article Metrics

Abstract view : 536 times
PDF - 1975 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA