MODEL BAHAN AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA YANG IDEAL DAN INOVATIF

Dwi Budi Mulyono

Abstract


Abstrak

Pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan dari perjalanan hidup manusia. Melalui pendidikan, kualitas sumber daya manusia dapat semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pendidikan yang diperolehnya. Kualitas  tersebut  akan  sangat  dibutuhkan  dalam  persaingan  untuk  memperoleh sebuah peran dalam memasuki kehidupan global, untuk meraih kesejahteraan hidup. Di Indonesia sendiri, pendidikan mengalami berbagai macam perubahan yang dapat dilihat dari kurikulum yang argumentasinya lebih kepada kurikulum tersebut perlu diganti karena tidak sesuai dengan zaman atau era yang sedang terjadi sehingga diperlukan suatu pembaharuan. Secara umum tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan model bahan ajar bahasa dan satra Indonesia yang ideal dan inovatif. Materi pembelajaran yang dipilih untuk diajarkan oleh guru dan harus dipelajari siswa hendaknya berisikan materi atau bahan ajar yang benar-benar menunjang tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah menciptakan bahan ajar yang inovatif pendidik harus mengetahui tentang hal-hal yang dapat menunjang keberhasilan dalam proses belajar salah satunya yaitu mengetahui bahan ajar dan sumber belajar.

Kata Kunci                : Model Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, Ideal, dan Inovatif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.11765

Article Metrics

Abstract view : 1401 times
PDF - 4413 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA