KURIKULUM DAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Elisa Anggraini

Abstract


ABSTRAK

Kurikulum 2013 adalah kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini yang telah diberlakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia. Tujuan dari kurikulum baru ini adalah untuk memajukan pendidikan serta membenahi karakter  pelajar di Indonesia. Masalah pokok dalam tulisan ini difokuskan pada problematika pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia ditinjau dari permasalahan faktor guru, siswa, dan bahan/materi ajar serta unsur media pembelajarannya. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui problematika yang dihdapi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan kaitnnya dengan kurikulum. Berdasarkan tujuan, tulisan ini dapat dikatagorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada. Kemudian mendeskripsikannya sesuai data yang diperoleh di lapangan. Penulis menggali data yang dianggap sesuai dengan penelitian ini. Data yang akan digali dalam penelitian ini sebagai berikut: aspek guru dalam mengajar, yaitu data problematika guru dalam mengajar, aspek siswa, kesulitan-kesulitan siswa dalam belajar bahasa Indonesia, dan aspek materi dan media pembelajaran yang mendukung proses belajar-mengajar bahasa Indonesia.

 

Kata kunci: kurikulum, problematika, guru, siswa, dan media

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.11767

Article Metrics

Abstract view : 2932 times
PDF - 1277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA