MODEL PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Wina Wulandari

Abstract


Abstrak

Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia merupakan kegiatan yang penting dalam kehidupan manusia yang mengaitkan antara lingkungan atau budaya sekitar. Pada dasarnya pendidikan merupakan bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan dari perjalanan manusia. Melalui pendidikan, kualitas sumber daya manusia dapat semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pendidikan yang diperolehnya. Kualitas  tersebut  akan  sangat  dibutuhkan  dalam  persaingan  untuk  memperoleh sebuah peran dalam memasuki kehidupan global, untuk meraih kesejahteraan hidup. Di Indonesia sendiri, pendidikan mengalami berbagai macam perubahan yang dapat dilihat dari kurikulum yang argumentasinya lebih kepada kurikulum tersebut perlu diganti karena tidak sesuai dengan zaman atau era yang sedang terjadi sehingga diperlukan suatu pembaharuan. Secara umum tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran bahasa dan satra Indonesia berbasis kearifan lokal. Materi pembelajaran yang dipilih untuk diajarkan oleh guru dan harus dipelajari siswa hendaknya berisikan pembelajaran yang benar-benar menunjang tercapainya standar kompetensi dan kompetensi dasar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah menciptakan pembelajaran yang berbasis kearifan lokal pendidik harus mengetahui tentang hal-hal yang dapat menunjang keberhasilan dalam proses belajar salah satunya yaitu mengetahui pembelajaran dan sumber belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11774

Article Metrics

Abstract view : 540 times
PDF - 1676 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA