PENGGUNAAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN MENULIS SURAT RESMI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan siswa menulis surat resmi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 360 orang. Sampel diambil menggunakan teknik sampel random yaitu sebanyak 58 orang terdiri dari kelas VIII-1 dan VIII-2 masing-masing 29 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen tes kemampuan menulis surat resmi. Tes ini diujikan sebanyak satu kali dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Karena penelitian ini bersifat koomparatif, maka harga skor variabel XA dan variabel XB diperbandingkan satu sama lain dengan menggunakan statistik “t”. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis surat resmi dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri diperoleh nilai rata-rata 84,66 sedangkan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 67,76. Dari perolehan nilai rata-rata tersebut, maka hasil belajar menulis surat resmi dengan menggunakan metode inkuiri lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan perhitungan dengan uji t diperoleh nilai to = 8,35 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% maupun 1% dengan dk = (N1 – N2) ternyata to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,00 < 8,35 > 2,66 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini berarti metode pembelajaran inkuiri lebih baik digunakan dalam pembelajaran menulis surat resmi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : metode inkuiri, keterampilan menulis, surat resmi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11778
Article Metrics
Abstract view : 274 timesPDF - 479 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA