PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS MATERI KERJA SAMA INTERNASIONAL PADA SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 12 TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2014/2015

Robinhod Silaen

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Quantum teaching pada pokok bahasan Materi Kerja Sama Internasional Kelas IX-A  SMP Negeri 12 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2014/2015. Dengan menggunakan metode Quantum Teaching dalam pembelajaran IPS maka proses pembelajaran akan dapat berjalan dengan aktif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dimana penelitian memaparkan pengaruh metode Quantum teaching terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan Kerja Sama Internasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas IX-A  SMP Negeri 12 Tanjung Balai yang berjumlah 30 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembaran observasi, wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan hal sebagai berikut: dapat diketahui motivasi belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa sebesar 55% siswa yang memiliki indikator tekun menghadapi tugas, 50% siswa yang memiliki indikator ulet menghadapi kesulitan, 60% siswa yang memiliki indikator menunjukkan minat yang tinggi terhadap berbagai macam masalah, 40% siswa yang memiliki indikator bekerja mandiri, 39% siswa yang memiliki indikator dapat mempertahankan pendapatnya, 58% siswa yang memiliki indikator bekerja sama dalam mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Dengan demikian, setelah diadakan tindakan pada saat proses pembelajaran dapat disimpulkan pada hasil tindalan siklus II yaitu sebesar 84% siswa yang memiliki indikator tekun menghadapi tugas, 77% siswa yang memiliki indikator ulet menghadapi kesulitan, 83% siswa yang memiliki indikator menunjukkan minat yang tinggi terhadap berbagai macam masalah, 78% siswa yang memiliki indikator bekerja mandiri, 69% siswa yang memiliki indikator dapat mempertahankan pendapatnya, 91% siswa yang memiliki indikator bekerja sama dalam mencari dan memecahkan masalah soal-soal. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa metode Quantum teaching adalah metode yang mampu menuntun siswa untuk meningkatkan motivasi belajar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.11779

Article Metrics

Abstract view : 218 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA