Tinjauan Filsafat (Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi) Bahan Ajar Membaca Kritis-Kreatif Teks Eksposisi Berbasisi Isu Lingkungan

Endar Wati

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengapa pembelajaran membaca kritis-kreatif tidak serta merta mudah dilaksanakan walaupun telah melalui berbagai stimulus dalam pelaksanaannya. Melalui prespektif filsafat ilmu pengetahuan, serta menggunakan metode deskriptif evaluatid dengan sumber data sekunder diantaranya buku literatur dan jurnal (penelitian terkini), selanjutnya direpresentasikan melalui beberapa fokus pembahasan, diantaranya: (1) konsep perencanaan bahan ajar membaca kritis-kreatif teks eksposisi berbasis isu lingkungan hidup melalui prespektif filsafat ilmu pengetahuan, (2) aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis terhadap kompleksitas bahan ajar membaca kritis-kreatif, (3) perdebatan teori, fakta empiris, dan diskusi. Kajian konseptual melalui review literatur ini menghasilkan adanya hubungan yang kompleks antara bahan ajar dengan isu terkini di kalangan masyarakat, yang berimplikasi pada pemahaman ontologis bahwa bahan ajar yang berbasis isu di kalangan masyarakat bukan sekedar stimulus, nilai yang berkembang di sini adalah manfaat yang didapatkan, bukan hanya dimaknai sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan membaca kritis-kreatif, namun lebih kepada manfaat pemahaman peserta didik dalam memaknai isu di kalangan masyarakat.


Full Text:

FULL


DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v8i1.16186

Article Metrics

Abstract view : 337 times
FULL - 851 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EDUKASI KULTURA : JURNAL BAHASA, SASTRA DAN BUDAYA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.