PENGARUH MEDIA LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA SDIT ASH-SHOLIHIN
Abstract
ABSTRAK
Guru memiliki peran penting dalam pembelajaran sehingga guru dituntut untuk memiliki kecerdasan dalam memilih dan memanfaatkan media pembelajaran menulis. Salah satu media pembelajaran yang dapat mempengaruhi meningkatnya kualitas dan kegemaran siswa dalam menulis argumentasi adalah melalui media lagu. Media ini dapat memberikan gambaran pada siswa untuk menulis dan meningkatkan keterampilan siswa baik dalam kelancaran berkomunikasi serta kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media lagu terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas V SDIT Ash Sholihin. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa SDIT Ash Sholihin. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Ash Sholihin yang berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis karangan argumentasi. Setelah instrumen dinyatakan normal dan homogen, maka analisis data selanjutnya adalah regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 20 dengan kriteria taraf signifikansi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media lagu terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas V SDIT Ash Sholihin Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Media Lagu, Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v1i2.18326
Article Metrics
Abstract view : 208 timesPDF - 460 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.