REVOLUSI BAHAN AJAR: MUTUALISASI ANTARA DIGITALISASI DAN KECERDASAN EKOLOGIS

M. Oky Fardian Gafari, Abdurahman Adisaputera, Wahyu Wiji Astuti, Muhammad Hafidz Assalam & Irwandy

Abstract



Abstrak

Artikel ini disusun berdasarkan penelitian yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia Digital Berbasis Kecerdasan Ekologis”. Penelitian tersebut merupakan penelitian pengembangan bahan ajar dengan output berupa bahan ajar dan kamus ekologis. Tujuan artikel ini adalah 1) untuk menggambarkan perubahan atau revolusi bahan ajar dari versi cetak menjadi versi digital. 2) untuk menjelaskan bahan ajar berbasis kecerdasan ekologis wilayah Samosir, Karo, Tanjungbalai dan Langkat. Samosir mewakili ekologi danau, Karo mewakili ekologi pegunungan, Tanjungbalai mewakili ekologi sungai dan pesisir serta Langkat mewakili ekologi perkebunan dan reliji. Hasil penelitian yang dapat ditawarkan melalui artikel ini adalah 1) Perlu pengembangan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk mengakomodasi kecerdasan ekologis di tempat siswa belajar (dalam hal ini SMA). 2) Perlu adanya digitalisasi bahan ajar untuk efisiensi diseminasi bahan ajar.

 

 

Kata kunci: Bahan ajar, ekologis, digital


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v1i1.18351

Article Metrics

Abstract view : 317 times
PDF - 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.