PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH SASTRA LISAN PADA MAHASISWA SEMESTER V JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Abstract
Abstrak Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah sastra lisan pada mahasiswa semester V Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Pembelajaran 2020/2021 dengan menggunakan media google classroom. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi bahasa dan sastra Indonesia semester V (Lima) tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 36 orang.. Kegiatan ini akan dilakukan pada waktu dan tempat sesuai dengan Jadwal perkuliahan mata kuliah Sastra Lisan di jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Desain penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan desain putaran spiral yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: Kemampuan mahasiswa dalam menulis Sastra Lisan menggunakan google classroom pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 66,5. Sedangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis Sastra Lisan dengan menggunakan google classroom pada siklus 2 menunjukkan nilai rata-rata 81,9. Hal ini membuktikan ada peningkatan antara nilai mahasiswa dalam menulis Sastra Lisan dengan menggunakan google classroom pada siklus I dan siklus II. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan google classroom dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis Sastra Lisan pada mahasiswa semester V Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Keywords
Sastra, Lisan, Media, Google Classroom
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v7i2.21995
Article Metrics
Abstract view : 299 timesPDF - 319 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.