PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS BLENDED LEARNING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Indah Oktasya Sihombing

Abstract


is dalam kehidupan manusia di era Revolusi Industri 4.0. Penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas akibat perkembangan internet dan teknologi digital di era ini menyebabkan segala hal menjadi tanpa batas. Era ini dipercaya akan mendisrupsi banyak bidang, tanpa kecuali bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Proses pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah, menuntut seorang guru untuk berinovasi terutama dalam menggunakan sumber dan media pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar lebih hidup dan membuat siswa terpancing mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia sepenuhnya. Pembelajaran bukan hanya dilakukan melalui tatap muka di kelas saja, melainkan siswa bisa belajar di rumah. Hal tersebut memunculkan banyak tantangan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Mengikuti era revolusi industri 4.0, tentunya model pembelajaran menggunakan metode yang diberikan kepada siswa perlu menyesuaikan dengan eranya. Salah satu metode yang sesuai dengan era saat ini adalah blended learning. Blended learning merupakan suatu metode pembelajaran yang mana menggabungkan traditional method (metode yang terdahulu) dengan modern method (teknologi atau metode baru). Oleh sebab itu, pembelajaran berbasis blended learning dapat memberikan kesan lebih menarik dan fresh untuk kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia sesuai perkembangan zaman.

Keywords


Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, blended learning, era revolusi industry 4.0, teknologi informasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v7i2.22009

Article Metrics

Abstract view : 460 times
PDF - 507 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.