MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA DENGAN MENULIS BUKU HARIAN

Putri Syahdana Sari, Putri Syahdana Sari

Abstract


Abstract

Communication is not spared in everyday life. In doing communication is used language skills. Language skills have four important aspects which include listening, speaking, reading and writing skills. Language skills are very important in communicating both oral and written. One of the ways to improve language skills is to write a new book. Writing a diary can help improve language skills because in writing a diary one can express feelings, thoughts and ideas in written form. By writing a diary, a person can learn to convey or communicate all ideas to others through written language using good and correct language so as to improve language skills

Abstrak

Komunikasi tidak luput dalam kehidupan sehari-hari. Dalam melakukan komunikasi digunakan keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa memilki empat aspek penting yang meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menuliis. Keterampilan berbahasa sangat penting dalam melakukan komunikasi baik lisan maupun tulisan. Untuk meningkatkan keterampilan berbahasa salah satunya adalah dengan menulis buku harian. Menulis buku harian dapat membantu meningkatkan keterampilan berbahasa karena dalam menulis buku harian seseorang dapat menuangkan perasaan, pemikiran dan gagasan yang dimiliki dalam bentuk tulisan. Dengan menulis buku harian seseorang dapat dapat belajar menyampaikan atau mengomunikasikan semua ide kepada orang lain melalui bahasa tulis dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga meningkatkan keterampilan berbahasa.


Keywords


Keywords: Language Skills, Writing, Diary

References


Depdiknas.2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gereda, A., (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia ; Menggunakan Bahasa

Indonesia yang Baik dan Benar. Tasikmalaya ; Edu Publisher

Hidayah, W., (2018). Peningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan melalui Buku

Harian Bergambar Siswa Kelas II B SD Timbulharjo Sewon Bantul.

DIDAKTIKA Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 1( 2) 59–66,

Mulyati, Y., Hilal, I., Widodo, M., (2014).Keterampilan Berbahasa Indonesia SD.

Jakarta:-

Mariyana, R,E., (2013). Kemampuan Menulis Buku Harian Pada Siswa Kelas VII MTs

Al-Hidayah Sri Kuncoro. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya).

–(-) 1-10

Oktavia P, L., (2018). Kebiasaan Menulis Buku Harian Dengan Menggunakan Model

Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII SMP

Muhammmadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. –(-) 210-218

Suparno, P., (2007). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Penerbit

Kanisius.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Wiyanto, A., dkk. (2005). Mampu Berbahasa Indonesia SMP dan MTs Kelas VII.

Jakarta: Grasindo.

Yusuf, Y., Ibrahim, R., Iskandar, D., (2017). Keterampilan Menulis : Pengantar

Pencapaian Kemampuan Epistemik. Banda Aceh : Syiah Kuala University

Press




DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v8i2.25386

Article Metrics

Abstract view : 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot