MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA DENGAN MENULIS BUKU HARIAN
Abstract
Abstract
Communication is not spared in everyday life. In doing communication is used language skills. Language skills have four important aspects which include listening, speaking, reading and writing skills. Language skills are very important in communicating both oral and written. One of the ways to improve language skills is to write a new book. Writing a diary can help improve language skills because in writing a diary one can express feelings, thoughts and ideas in written form. By writing a diary, a person can learn to convey or communicate all ideas to others through written language using good and correct language so as to improve language skills
Abstrak
Komunikasi tidak luput dalam kehidupan sehari-hari. Dalam melakukan komunikasi digunakan keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa memilki empat aspek penting yang meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menuliis. Keterampilan berbahasa sangat penting dalam melakukan komunikasi baik lisan maupun tulisan. Untuk meningkatkan keterampilan berbahasa salah satunya adalah dengan menulis buku harian. Menulis buku harian dapat membantu meningkatkan keterampilan berbahasa karena dalam menulis buku harian seseorang dapat menuangkan perasaan, pemikiran dan gagasan yang dimiliki dalam bentuk tulisan. Dengan menulis buku harian seseorang dapat dapat belajar menyampaikan atau mengomunikasikan semua ide kepada orang lain melalui bahasa tulis dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga meningkatkan keterampilan berbahasa.
Keywords
References
Depdiknas.2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gereda, A., (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia ; Menggunakan Bahasa
Indonesia yang Baik dan Benar. Tasikmalaya ; Edu Publisher
Hidayah, W., (2018). Peningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan melalui Buku
Harian Bergambar Siswa Kelas II B SD Timbulharjo Sewon Bantul.
DIDAKTIKA Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 1( 2) 59–66,
Mulyati, Y., Hilal, I., Widodo, M., (2014).Keterampilan Berbahasa Indonesia SD.
Jakarta:-
Mariyana, R,E., (2013). Kemampuan Menulis Buku Harian Pada Siswa Kelas VII MTs
Al-Hidayah Sri Kuncoro. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya).
–(-) 1-10
Oktavia P, L., (2018). Kebiasaan Menulis Buku Harian Dengan Menggunakan Model
Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII SMP
Muhammmadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. –(-) 210-218
Suparno, P., (2007). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Penerbit
Kanisius.
Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Wiyanto, A., dkk. (2005). Mampu Berbahasa Indonesia SMP dan MTs Kelas VII.
Jakarta: Grasindo.
Yusuf, Y., Ibrahim, R., Iskandar, D., (2017). Keterampilan Menulis : Pengantar
Pencapaian Kemampuan Epistemik. Banda Aceh : Syiah Kuala University
Press
DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v8i2.25386
Article Metrics
Abstract view : 223 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.