KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA: ANALISIS UNSUR-UNSUR BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT PUTRI RUNDUK

fitri wahyuni lubis

Abstract


Antropologi sastra adalah ilmu pengetahuan yang dalam hal ini karya sastra yang dianalisis dalam kaitanya dengan masalah-masalah antropologi, kajian antropologi sastra adalah usaha untuk mencoba memberikan identitas terhadap karya sastra dengan menganggapnya sebagai mengandung aspek tertentu yaitu hubungan ciri-ciri kebudayaannya. Penelitian ini membahas kajian antropologi sastra dan unsur-unsur budaya yang ada dalam cerita rakyat “Putri Runduk”. Tujuan kajian antropologi sastra dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur-unsur budaya  berdasarkan  teori Koentjaraningrat dalam cerita rakyat “Putri Runduk”. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan  menggunakan sumber dari berbagai jurnal. Hasil dari penelitian dalam cerita rakyat “Putri Runduk” pada kajian antropologi sastra digunakan untuk menemukan unsur budaya diantaranya bahasa, sistem pengetahuan, peralatan kehidupan manusia, sistem sosial, kesenian, system mata pencaharian hidup, dan religi.

 


Keywords


Antropologi sastra, Cerita rakyat Sumatera Utara

References


Dani Hermawan,Spd.,M.Pd, dkk. 2019. Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Serruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 12(1), 1978-9842.

Kutha, Nyoman. 2011. Antropologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Gusnetti. 2015. Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika,1(12) ISSN: 2442-8485.

Koetjaningrat. 2015. Pengantar antropologi. Jakarta: Rineka cipta.

Sumarto. 2019. Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi”. Jurnal Literasiologi, 1(2).

Rahmat, L. I. 2019. Kajian antropologi sastra dalam cerita rakyat Kabupaten Banyuwangi pada masyarakat Using. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 83-93.

Dr. Suwardi Endraswara, M. Hum. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra, Yogyakarta: Penerbit Ombak, ISBN: 978-602-258-***-*.

Gunsu Nurmansyah, S.H.,M.H. dkk. 2019. PENGANTAR ANTROPOLOGI Sebuah Ikhtisar Mengenal Antropologi, Bandar Lampung: Penerbit AURA CV. Anugrah Utama Raharja, ISBN: 978-623-211-107-3.




DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v9i1.29765

Article Metrics

Abstract view : 140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.