Pandangan Dunia Pengarang dalam Cerpen Mencuri Kisah Dari Pembaringan Karya Sarwo M. Djantur Dengan pendekatan Strukturalisme Genetik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pandangan dunia pengarang dalam kumpulan cerpenya,(2) mengetahui latar belakang sejarah atau peristiwa sosial masyarakat Bojonegoro yang mengondisikan terciptakanya kumpulan cerpen tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan struktur pendekatan strukturalisme genetik. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada teori strukturalisme genetik. Hasil penelitian bahwa struktur dalam kumpulan cerpen mencuri kisah dari pembaringan karya Sarwo M. Djantur dengan latar belakang pengarang dan peristiwa sosial atau masyarakat Bojonegoro serta berbagai daerah di indonesia. Berdasarkan hasil analisis pada data penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum, pandangan dunia pengarang dunia nasionalisme, humanisme, tradisionalisme, dan religius. Struktur sosial masyarakat bojonegoro atau pun indonesia yang digambarkan pengarang dalam karyanya.
Keywords
Strukturalisme genetik, cerpen
References
Djantur, Sarwo M. 2013. Mencuri Kiasah dari Pembaringan Seikat Cerpen. Bojonegoro: Gus Ris Foudation.
Iswanto. 2001. “Penelitian Sastra dalam Perpektif Strukturalisme Genetik” dalam Jabrohim. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra; Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kurniawan, Heru. 2012. Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi Sastra, Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v9i1.34670
Article Metrics
Abstract view : 89 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.