PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA SMP NURUL HUDA PAJARAN PONCOKUSUMO

Nurwakhid Muliyono

Abstract


AbstrakMenulis sebagai materi pembelajaran dapat berupa beberapa bentuk, namun yang sering membuat siswa kesulitan adalah puisi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Menghasilkan Buku Panduan Menulis Puisi Menggunakan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan model Research and Development. Tahapan penelitian ini mengacu pada Borg dan Gall yang terdiri dari 9 tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data awal; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba terbatas; (5) revisi untuk ujicoba produk utama; (6) uji coba lapangan; (7) revisi untuk ujicoba produk operasional; (8) uji coba produk operasional; dan (9) revisi produk akhir; dan (10) penyebaran dan penyampaian laporan penelitian. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20  siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, tes, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan uji coba yaitu uji coba terbatas, uji coba lapangan, dan uji coba produk operasional. Kategori dari tiap instrumen adalah berkategori “Sangat Baik”. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis independent sample t-test dengan SPSS 17.0. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan menulis puisi yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sekolah menengah pertama Berdasarkan tabel rerata yang didapatkan dari hasil validasi dapat diketahui bahwa rerata skor validasi ahli secra total adalah 3,2 dengan persentase 66,4%. Hasil ini termasuk dalam kategori cukup layak. Deskripsi hasil validasi ahli ini adalah, 1) hasil validasi ahli materi rerata skor adalah 3,8 atau 76,9% dengan kategori layak, 2) hasil validasi ahli desain skor adalah 2,6   atau 52,3% dengan kategori cukup layak, dan 3) hasil validasi ahli bahasa skor adalah 3,2 atau 64,4% dengan kategori cukup layak. Pada aspek kepraktisan yang didapatkan dari hasil angket siswa kelas VII SMPN Nurul Huda Pajaran rerata skor adalah 3,4 atau nilai respon siswa sebesar 85,9% menunjukkan kepraktisan buku panduan menulis puisi berbasis mind mapping yang dikembangkan termasuk pada kriteria Sangat Praktis. Sedangkan pada aspek keefektifan hasil penguasaan materi siswa yang menunjukkan bahwa sebanyak 20 dari 23 siswa atau 86,9 % siswa telah memenuhi nilai ketuntasan minimal menunjukkan bahwa buku panduan menulis puisi berbasis mind mapping yang Sangat Efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Keywords


Kata Kunci: Pengembangan, Buku Panduan, Puisi, Mind mapping



DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v9i1.36764

Article Metrics

Abstract view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.