ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA RAGAM BAHASA SPANDUK DAN PAPAN NAMA DAERAH GEGER KALONG BANDUNG JAWA BARAT

Ratmiati - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan bentuk kesalahan berbahasa Indonesia pada penulisan ragam bahasa spanduk dan papan nama (media luar ruang), (2) menganalisis kesalahan penggunaan unsur asing, dan (3) mengetahui peran penting mahasiswa jurusan bahasa Indonesia menghadapi fenomena kesalah-kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif dengan sampel tulisan pada spanduk dan papan nama di daerah Geger Kalong, Kota Bandung, Jawa Barat. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposif sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah rekam, simak, dan catat. Simpulan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, unsur kebahasaan yang sering terjadi pada penulisan spanduk dan papan nama di lokasi penelitian adalah kesalahan aspek tanda baca, penggunaan huruf kapital, penulisan kata depan di, penggunaan kata pukul dan jam, dan singkatan. Kedua, jenis kesalahan pemakaian istilah asing didominasi dengan pengunaan bahasa Inggris dan Jawa. Kedua tersebut sering digunakan secara bersamaan dalam penulisan spanduk dan papan nama. Ketiga, penelitian ini bisa dijadikan sebagai titik tolak bagi mahasiswa jurusan bahasa Indonesia untuk mengambil perannya dalam permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Khususnya pada penggunaan bahasa asing yang lama-kelamaan akan menjadikan bahasa Indonesia tergerus dan tidak dilestarikan lagi.


Keywords


Kesalahan berbahasa, spanduk, papan nama

References


Apriwulan, H. F., Romania, T., & Restiana, M. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Baliho Makanan (Kajian Morfologi). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 65-70.

Hasanudin, C. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Media Luar Ruang Di Kabupatenbojonegoro. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 17(1), 120-129.

Setyawati N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka

Afifah, N., & Hasibuan, N. S. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada penulisan media luar ruang di wilayah Kota Medan. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 14-37.

Damayanti, E. (2019). Kesalahan Penggunaan Bahasa pada Iklan Komersial Media Luar Ruang di Kabupaten Kediri. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 85-102.

Arifin, E Zaenal, ‘Implementasi Pasal 36 “Undang-Undang Bahasa”’, Pujangga, 1.2 (2015), 1–23

Nisa, K., & Karmila, S. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN TATA BAHASA MEDIA LUAR RUANG DI KOTA KISARAN. Jurnal Komunitas Bahasa, 10(1), 31-37.

Marbun, K. S. (2021). Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Media Luar Ruang Di Barus Tapanuli Tengah. JURNAL BASASASINDO, 1(2), 53–65.

Syukri, Z. I. (2018). Pengaruh Iklan Politik Media Luar Ruang pada Pilgub 2018 terhadap Perilaku Pemilih Pemula di Kecamatan Teluk Betung Utara Kota Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Carolina Nasution, A. (2021). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN MEDIA LUAR RUANG DI WILAYAH KABUPATEN SAROLANGUN (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Kana, R. P., Dalimunthe, S. F., & Surif, M. (2022). Analisis Wacana Kritis Penulisan Bahasa Indonesia pada Media luar Ruang di Jalan T. Nyak Arief Kota Banda Aceh: Norman Fairclough. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9992-9998.

Yanesupriana, Y., Purwaka, A., Perdana, I., Frianto, D., & Nitiya, R. (2022, May). Kesalahan Pemakaian Ejaan dan Diksi pada Media Luar Ruang di Kota Palangka Raya. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA (Vol. 1, No. 1, pp. 155-164).




DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v9i1.42944

Article Metrics

Abstract view : 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.