PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMP KOTA BANDUNG

Authors

Keywords:

Kata kunci, pembelajara, sekolah inklusi, peserta didik

Abstract

AbstrakPendidikan inklusi adalah pendidikan pada sekolah umum yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang memerlukan pendidikan khusus dalam suatu kesatuan yang sistematik. Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang memberikan apresiasi terhadap siswa yang berkebutuhan khusus. Model yang diberikan sekolah inklusif ini menekankan pada keterpaduan penuh, menghilangkan keterbatasan dengan menggunakan prinsip education for all. Pembelajaran untuk ABK (student with special needs) membutuhkan suatu strategi tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Salah satu sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi adalah SMP BPI. SMP BPI mengakui bahwa setiap individu memiliki keunikan sendiri, sehingga ia mempunyai kemampuan untuk berkembang menjadi dirinya sendiri dan menggapai prestasinya sendiri. SMP BPI melaksanakan pembelajaran yang berbeda dengan sekolah regular lainnya, karena menampung dan menerima peserta didik ABK. Dalam penanganan peserta didik ABK, SMP BPI melakukan berbagai inovasi agar peserta didik ABK dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Hal itu juga dilakukan untuk memberikan penyadaran terhadap masyarakat bahwa peserta didik ABK juga dapat bersekolah di sekolah umum bukan hanya di sekolah khusus seperti Sekolah Luar Biasa (SLB).

Published

2025-05-23

How to Cite

noer’s, inami tawaqal imani. (2025). PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMP KOTA BANDUNG. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 11(1). Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kultura/article/view/47199

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.