KREATIVITAS SISWA DALAM MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TEACHING LEARNING (MASYARAKAT BELAJAR)

Abdullah Hasibuan

Abstract


Pembelajaran sastra merupakan bagian dari pembelajaran bahasa yang harus dilaksanakan oleh guru. Guru harus dapat melaksanakan pembelajaran sastra dengan menarik. Banyak cara yang harus ditempuh oleh guru agar dapat menarik perhatian siswa. Selama ini pembelajaran sastra di sekolah-sekolah kurang mendapat perhatian. Rosenblatt (dalam Gani, 1988: 15) menyarankan beberapa prinsip yang memungkinkan pengajaran sastra mengemban fungsinya dengan baik. Di antaranya (1) Siswa harus diberi kebebasan untuk menampilkan respons dan reaksinya. (2) Siswa harus diberi kesempatan untuk mempribadikan dan mengkristalisasikan rasa pribadinya terhadap cipta sastra yang dibaca dan dipelajarinya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5144

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 357 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)