MEDIA ANIMASI BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (STUDI KAJIAN MENULIS)

Nimawan Nirmawan

Abstract


Sejak memasuki sekolah dasar hingga perguruan tinggi siswa selalu dihadapkan dengan kegiatan menulis. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah. Dengan menguasai keterampilan menulis siswa mampu mengungkapkan gagasan, pikiran sehingga berdampak pada prestasi akademik. Asumsinya, pengungkapan tersebut merupakan perwujudan “peresapan, pemahaman, dan tanggapan siswa” terhadap berbagai hal yang diperolehnya dalam proses pembelajaran. Menulis penting dalam dunia pendidikan karena memudahkan siswa berpikir kritis. Di zaman modern ini penguasaan keterampilan menulis menjadi penting. Tulisan dipergunakan orang-orang terpelajar untuk “merekam, meyakinkan, melaporkan, serta memengaruhi” orang lain. Meskipun menulis lekat dengan kehidupan sehari-hari, sampai hari ini keterampilan menulis masih menyiskaan persoalan. Beberapa penelitian bahkan memperlibatkan bukti masih banyak masyarakat di Indonesia yang mengalami kesulitas mengutarakan gagasannya dalam tulisan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5149

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)