MEDIA ANIMASI BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (STUDI KAJIAN MENULIS)
Abstract
Sejak memasuki sekolah dasar hingga perguruan tinggi siswa selalu dihadapkan dengan kegiatan menulis. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah. Dengan menguasai keterampilan menulis siswa mampu mengungkapkan gagasan, pikiran sehingga berdampak pada prestasi akademik. Asumsinya, pengungkapan tersebut merupakan perwujudan “peresapan, pemahaman, dan tanggapan siswa” terhadap berbagai hal yang diperolehnya dalam proses pembelajaran. Menulis penting dalam dunia pendidikan karena memudahkan siswa berpikir kritis. Di zaman modern ini penguasaan keterampilan menulis menjadi penting. Tulisan dipergunakan orang-orang terpelajar untuk “merekam, meyakinkan, melaporkan, serta memengaruhi” orang lain. Meskipun menulis lekat dengan kehidupan sehari-hari, sampai hari ini keterampilan menulis masih menyiskaan persoalan. Beberapa penelitian bahkan memperlibatkan bukti masih banyak masyarakat di Indonesia yang mengalami kesulitas mengutarakan gagasannya dalam tulisan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5149
Article Metrics
Abstract view : 201 timesPDF - 224 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)