Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menyimak Puisi Siswa Melalui Penggunaan Media Elektronik Pada Siswa SMK Negeri 1 Stabat

Ainur Rasyidah Nasution

Abstract


Metode pengajaran bahasa Indonesia yang cenderung monoton
menyebabkan siswa SMK kurang tertarik dan merasa jenuh dalam mengikuti
pembelajaran. Kekurangtertarikan siswa dalam mengikuti mata pelajaran bahasa
Indonesia dapat disiasati dengan meyusun perencanaan dan desain yang menuntut
keaktifan dan kreatifitas siswa dalam kelas. Materi menyimak puisi di kelas XII
SMK dapat diajarkan dengan menggunakan media elektronik (tape recorder) sebagai
alat bantu untuk memotivasi keaktifan siswa. Pemilihan media dan lagu yang
dijadikan bahan apresiasi disesuaikan dengan minat dan tingkat perkembangan
siswa. Ternyata metode ini mampu menciptakan suasana belajar yang santai,
menyenangkan dan tidak membuat siswa bosan. Siswa begitu aktif dan antusias
mengikuti pelajaran. Kondisi ini berdampak pada motivasi belajar yang ditunjukkan
dengan aktivitas belajar yang lebih baik dan hasil belajar siswa yang menunjukkan
ketuntasan belajar mencapai  75 %.



DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5151

Article Metrics

Abstract view : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)