PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Rosmawaty Harahap

Abstract


Tujuan pendidikan yang dikonsep secara apik namun tidak mampu
diaplikasikan dalam bentuk langkah nyata, kini menjadi realitas yang tampak kontras
dalam dunia pendidikan kita. Pendidikan yang umumnya terjadi di masyarakat kita
adalah pendidikan yang timpang, antara pertumbuhan dan perkembangan intelektual
dengan moral peserta didik tidak seimbang. Pendidikan yang terjadi hanya mengarah
pada aspek tertentu (kognitif) dan mengabaikan aspek lainnya (afektif dan
psikomotorik).Pendidikan yang sesuai dengan UU tersebut adalah pendidikan
multikultural. Pendidikan multikultural dianggap sebagai solusi yang tepat karena
memiliki konsep keberagaman kebudayaan dan sesuai dengan kondisi bangsa
Indonesia yang majemuk.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5178

Article Metrics

Abstract view : 216 times
PDF - 445 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)