PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Tujuan pendidikan yang dikonsep secara apik namun tidak mampu
diaplikasikan dalam bentuk langkah nyata, kini menjadi realitas yang tampak kontras
dalam dunia pendidikan kita. Pendidikan yang umumnya terjadi di masyarakat kita
adalah pendidikan yang timpang, antara pertumbuhan dan perkembangan intelektual
dengan moral peserta didik tidak seimbang. Pendidikan yang terjadi hanya mengarah
pada aspek tertentu (kognitif) dan mengabaikan aspek lainnya (afektif dan
psikomotorik).Pendidikan yang sesuai dengan UU tersebut adalah pendidikan
multikultural. Pendidikan multikultural dianggap sebagai solusi yang tepat karena
memiliki konsep keberagaman kebudayaan dan sesuai dengan kondisi bangsa
Indonesia yang majemuk.
diaplikasikan dalam bentuk langkah nyata, kini menjadi realitas yang tampak kontras
dalam dunia pendidikan kita. Pendidikan yang umumnya terjadi di masyarakat kita
adalah pendidikan yang timpang, antara pertumbuhan dan perkembangan intelektual
dengan moral peserta didik tidak seimbang. Pendidikan yang terjadi hanya mengarah
pada aspek tertentu (kognitif) dan mengabaikan aspek lainnya (afektif dan
psikomotorik).Pendidikan yang sesuai dengan UU tersebut adalah pendidikan
multikultural. Pendidikan multikultural dianggap sebagai solusi yang tepat karena
memiliki konsep keberagaman kebudayaan dan sesuai dengan kondisi bangsa
Indonesia yang majemuk.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5178
Article Metrics
Abstract view : 216 timesPDF - 445 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)