PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Rosmawaty Harahap Tujuan pendidikan yang dikonsep secara apik namun tidak mampu diaplikasikan dalam bentuk langkah nyata, kini menjadi realitas yang tampak kontras dalam dunia pendidikan kita. Pendidikan yang umumnya terjadi di masyarakat kita adalah pendidikan yang timpang, antara pertumbuhan dan perkembangan intelektual dengan moral peserta didik tidak seimbang. Pendidikan yang terjadi hanya mengarah pada aspek tertentu (kognitif) dan mengabaikan aspek lainnya (afektif dan psikomotorik).Pendidikan yang sesuai dengan UU tersebut adalah pendidikan multikultural. Pendidikan multikultural dianggap sebagai solusi yang tepat karena memiliki konsep keberagaman kebudayaan dan sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia yang majemuk.

DOI:

https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5178

Abstract

Tujuan pendidikan yang dikonsep secara apik namun tidak mampudiaplikasikan dalam bentuk langkah nyata, kini menjadi realitas yang tampak kontrasdalam dunia pendidikan kita. Pendidikan yang umumnya terjadi di masyarakat kitaadalah pendidikan yang timpang, antara pertumbuhan dan perkembangan intelektualdengan moral peserta didik tidak seimbang. Pendidikan yang terjadi hanya mengarahpada aspek tertentu (kognitif) dan mengabaikan aspek lainnya (afektif danpsikomotorik).Pendidikan yang sesuai dengan UU tersebut adalah pendidikanmultikultural. Pendidikan multikultural dianggap sebagai solusi yang tepat karenamemiliki konsep keberagaman kebudayaan dan sesuai dengan kondisi bangsaIndonesia yang majemuk.

Downloads

Published

2015-10-01

How to Cite

Harahap, R. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIKULTURAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 2(2). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5178