SASTRA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA
Abstract
Sastra memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan karakter. Hal
ini disebabkan, karena karya sastra pada dasarnya membicarakan berbagai nilai-nilai
kehidupan yang berkaitan langsung dengan pembentukkan karakter siswa. Sastra
dalam pendidikan berperan untuk mengembangkan bahasa, aspek kognitif, afektif,
psikomotorik, kepribadian, dan pribadi sosial siswa. Sastra sebagai media
pembelajaran dapat dimanfaatkan secara reseptif dan ekspresif dalam pembentukan
karakter. Pemanfaatan secara reseptif dimaksud yaitu karya sastra sebagai media
pembentukan karakter dilakukan dengan pemilihan bahan ajar dan pengelolaan
proses pembelajaran. Adapun pemanfaatan secara ekspresif dimaksud yaitu karya
sastra sebagai media pembentukan karakter dengan cara mengelola emosi, perasaan,
semangat, pemikiran, ide, gagasan, dan pandangan siswa ke dalam bentuk kreativitas
menulis berupa novel dan cerpen, dan bermain drama, teater atau film. Oleh karena
itu, siswa yang telah memahami sastra dapat mengalami pembentukan karakter
menjadi lebih baik.
ini disebabkan, karena karya sastra pada dasarnya membicarakan berbagai nilai-nilai
kehidupan yang berkaitan langsung dengan pembentukkan karakter siswa. Sastra
dalam pendidikan berperan untuk mengembangkan bahasa, aspek kognitif, afektif,
psikomotorik, kepribadian, dan pribadi sosial siswa. Sastra sebagai media
pembelajaran dapat dimanfaatkan secara reseptif dan ekspresif dalam pembentukan
karakter. Pemanfaatan secara reseptif dimaksud yaitu karya sastra sebagai media
pembentukan karakter dilakukan dengan pemilihan bahan ajar dan pengelolaan
proses pembelajaran. Adapun pemanfaatan secara ekspresif dimaksud yaitu karya
sastra sebagai media pembentukan karakter dengan cara mengelola emosi, perasaan,
semangat, pemikiran, ide, gagasan, dan pandangan siswa ke dalam bentuk kreativitas
menulis berupa novel dan cerpen, dan bermain drama, teater atau film. Oleh karena
itu, siswa yang telah memahami sastra dapat mengalami pembentukan karakter
menjadi lebih baik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5181
Article Metrics
Abstract view : 749 timesPDF - 17230 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)