PENGARUH METODE OUTBOND DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIII SMP KEBUMEN 2 DAN MTSN TRIWARNO KUTOWINANGUN KEBUMEN)

Sahri Nova Yoga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan
antara keterampilan berbicara siswa yang diajar dengan metode outbond dan siswa
yang diajar dengan metode konvensional; (2) ada tidaknya perbedaan keteranpilan
berbicara antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki
minat belajar rendah; dan (3) terdapat tidaknya interaksi antara metode outbond dan
minat belajar dalam mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Metode penelitian
yang digunakan adalah eksperimen dengan desain factorial 2x2. Populasi penelitian
ini adalah siswa SMP Kebumen 2 dan MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen;
sedangkan sampel penelitian diambil dari siswa kelas VIII sebanyak 80 siswa, yang
dirinci 40 siswa untuk kelas eksperimen diambil dari SMP Kebumen 2, dan 40 Siswa
yang lain untuk kelas control atau pembanding diambil dari MTsN Triwarno
Kutowinangun Kebumen. Sampel tersebut diambil dengan teknik two stage random
sampling. Teknik pengumpulan data keterampilan berbicara digunakanangket.
Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian adalah
(1) ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa yang diajar
dengan metode outbond dan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini
terlihat pada perolehan hasil sebesar 63,16 > sebesar 3,97 pada taraf α = 0,05
dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 76; (2) ada perbedaan yang signifikan
antara keterampilan berbicara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa
yang memiliki minat belajar rendah. Hal ini terlihat pada perolehan hasil sebesar
95,85 > sebesar 3,97 pada taraf α = 0,05 dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut
76; (3) terdapat interaksi yang signifikan antara metode outbond dan minat belajar
dalam mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Hal ini terlihat pada perolehan
hasil sebesar 20,72 > sebesar 3,97 pada taraf α = 0,05 dengan dk pembilang 1
dan dk penyebut 76.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5182

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 264 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)