PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SASTRA INDONESIA DAN PERANGKAT PENILAIAN AUTENTIK

Authors

  • Sarila Zebua Masalah yang mungkin sering ditemui dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia adalah kurang tersedianya bahan ajar membaca sastra yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan penilaian yang digunakan oleh guru tidak bercirikan penilaian autentik. Terkait dengan masalah tersebut, tulisan ini akan mencoba menjelaskan tentang: (a) pengembangan bahan ajar membaca sastra Indonesia yang layak dan dapat diaplikasikan, dan (b) pengembangan perangkat penilaian yang bercirikan penilaian autentik serta beberapa tahapan pengembangannya.

DOI:

https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5183

Abstract

Masalah yang mungkin sering ditemui dalam proses pembelajaran bahasaIndonesia adalah kurang tersedianya bahan ajar membaca sastra yang sesuai dengankebutuhan siswa dan penilaian yang digunakan oleh guru tidak bercirikan penilaianautentik. Terkait dengan masalah tersebut, tulisan ini akan mencoba menjelaskantentang: (a) pengembangan bahan ajar membaca sastra Indonesia yang layak dandapat diaplikasikan, dan (b) pengembangan perangkat penilaian yang bercirikanpenilaian autentik serta beberapa tahapan pengembangannya.

Downloads

Published

2015-10-01

How to Cite

Zebua, S. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SASTRA INDONESIA DAN PERANGKAT PENILAIAN AUTENTIK. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 2(2). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5183