PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SASTRA INDONESIA DAN PERANGKAT PENILAIAN AUTENTIK
Abstract
Masalah yang mungkin sering ditemui dalam proses pembelajaran bahasa
Indonesia adalah kurang tersedianya bahan ajar membaca sastra yang sesuai dengan
kebutuhan siswa dan penilaian yang digunakan oleh guru tidak bercirikan penilaian
autentik. Terkait dengan masalah tersebut, tulisan ini akan mencoba menjelaskan
tentang: (a) pengembangan bahan ajar membaca sastra Indonesia yang layak dan
dapat diaplikasikan, dan (b) pengembangan perangkat penilaian yang bercirikan
penilaian autentik serta beberapa tahapan pengembangannya.
Indonesia adalah kurang tersedianya bahan ajar membaca sastra yang sesuai dengan
kebutuhan siswa dan penilaian yang digunakan oleh guru tidak bercirikan penilaian
autentik. Terkait dengan masalah tersebut, tulisan ini akan mencoba menjelaskan
tentang: (a) pengembangan bahan ajar membaca sastra Indonesia yang layak dan
dapat diaplikasikan, dan (b) pengembangan perangkat penilaian yang bercirikan
penilaian autentik serta beberapa tahapan pengembangannya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5183
Article Metrics
Abstract view : 214 timesPDF - 1394 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)