PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK TERATAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN AJARAN 2011/ 2012
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknik
Teratai Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Al-
Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMA Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2011/2012,
yang berjumlah 63 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 31 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan
wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design
yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini
pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah
eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan
pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test.
Teratai Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Al-
Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMA Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2011/2012,
yang berjumlah 63 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 31 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan
wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design
yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini
pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah
eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan
pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5186
Article Metrics
Abstract view : 184 timesPDF - 429 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)