PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK DUTI-DUTA (DUA-TINGGAL DUATAMU) TERHADAP PENINGKATANKEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknik Duti-
Duta (Dua Tinggal-Dua Tamu) terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf
Argumentasi Siswa Kelas X SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Al-Ulum Terpadu
Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 63 orang dan yang menjadi sampel
penelitian sebanyak 32 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara
menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain
penelitian one group pre-test post-test yang hanya dilaksanakan pada satu kelas
(kelompok). Dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu
sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Dari hasil penelitian diperoleh nilai
rata-rata pretest 64,84 dari standar deviasi 6,31 dan penyebaran nilai siswa terbanyak
adalah 65 dan 70 sebanyak 8 orang (25 %). Nilai rata-rata postest 75,78, standar
deviasi 8,49, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80 sebanyak 7 orang atau
sekitar 21,87%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan
berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas ditulis bahwa sampel
berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas
dilakukan, diketahuilah t0 sebesar 5,78. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t
pada taraf signifikansi 5% dengan df = n -1 = 32 -1 =31 diperoleh taraf signifikan
5% sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diketahui t0 > ttabel,
yakni 5,78 > 2,03. Dengan demikian, H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis
alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Teknik
Duti-Duta (Dua-Tinggal Dua-Tamu) terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf
Argumentasi Siswa Kelas X SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Duta (Dua Tinggal-Dua Tamu) terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf
Argumentasi Siswa Kelas X SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Al-Ulum Terpadu
Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 63 orang dan yang menjadi sampel
penelitian sebanyak 32 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara
menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain
penelitian one group pre-test post-test yang hanya dilaksanakan pada satu kelas
(kelompok). Dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu
sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Dari hasil penelitian diperoleh nilai
rata-rata pretest 64,84 dari standar deviasi 6,31 dan penyebaran nilai siswa terbanyak
adalah 65 dan 70 sebanyak 8 orang (25 %). Nilai rata-rata postest 75,78, standar
deviasi 8,49, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 80 sebanyak 7 orang atau
sekitar 21,87%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan
berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas ditulis bahwa sampel
berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas
dilakukan, diketahuilah t0 sebesar 5,78. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t
pada taraf signifikansi 5% dengan df = n -1 = 32 -1 =31 diperoleh taraf signifikan
5% sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diketahui t0 > ttabel,
yakni 5,78 > 2,03. Dengan demikian, H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis
alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Teknik
Duti-Duta (Dua-Tinggal Dua-Tamu) terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf
Argumentasi Siswa Kelas X SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i2.5187
Article Metrics
Abstract view : 116 timesPDF - 193 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)