PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LONGAT PANYABUNGAN BARAT

Ainun Fadhillah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang
signifikan dari metode field trip pada kemampuan siswa dalam menulis teks
deskriptif pada siswa kelas SMP Negeri 1 Panyabungan Barat Longat . Penelitian
ini dilakukan untuk mengetahui hubungan efek penyebab , metode yang digunakan
adalah metode Penelitian Tindakan Kelas . Populasi penelitian ini terdiri semua
siswa di delapan siswa kelas SMP Negeri 1 Panyabungan Barat Longat . Sampel
diambil dari populasi dengan teknik cluster sampling , mereka terdiri dari 42 siswa .
Kemudian data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen . Instrumen uji .
Dan menganalisis data penulis menggunakan skor diferensial dari pre test dan post
test ( SIKLUS I dan II ) . Dan ditemukan bahwa hasilnya menunjukkan bahwa nilai
siswa pada post test lebih tinggi dari pre test . Dalam siswa pre test yang
memperoleh nilai atas 65 hanya 10 siswa , dan mereka dalam siklus II , itu bangun
menjadi 31 siswa . Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini diterima .

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.5188

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 845 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)