PERANAN MEDIA GAMBAR DAN KARANGAN NARASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) SWASTA KARTINI UTAMA SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Elidayati Elidayati

Abstract


Pengajaran menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang
sangat penting. Untuk mencapai tujuan pengajaran menulis diperlukan metode yang
tepat, tentu akan dapat meningkatkan metode pencapaian tujuan pengajaran secara
lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai gambaran
kemampuan siswa dalam menulis narasi dengan media gambar. Dengan mengetahui
tujuan tersebut, maka metode penelitian yang tepat digunakan adalah metode
deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII (delapan) Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Swasta Kartini Utama Sei Rampah Kabupaten Serdang
Bedagai yang berjumlah 108 orang. Sampel penelitian ini diambil dari populasi
yang berjumah 40 orang, teknik penentuan sampel adalah teknik random (secara
acak) karena populasi mempunyai peluang yang sama untuk menjadi sample. Data
penelitian ini dijaring dengan mengadakan tes menulis narasi kepada masingmasing
siswa. Hipotesis diuji dengan cara melihat skor rata-rata (mean)
kemampuan menulis narasi dengan menggunakan media gambar di kelas VIII
(delapan). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis narasi
dengan menggunakan media gambar oleh siswa sangatlah menguntungkan. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa menulis narasi dengan menggunakan media
gambar yang dimiliki siswa kelas VIII (delapan) SMP Swasta Kartini Utama Sei
Rampah Kabupaten Serdang Bedagai adalah jenis menulis yang cukup baik.
Kesimpulan akhir adalah bahwa dengan menulis narasi dengan menggunakan media
gambar cukup baik dan efektif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.5191

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)