HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DENGAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS VIII SMP PENCAWAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara
keterampilan membaca intensif dengan kemampuan menemukan ide pokok paragraf.
Hasil analisis data yang diperoleh berdistribusi normal dengan hasil rata-rata yang
diperoleh siswa dalam tes membaca intensif 65,83 dan menemukan ide pokok 66.54.
Teknik uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik
korelasi product momen dari Karl Person. Hasil analisis korelasi menunjukkan
bahwa 81.5% kemampuan menemukan ide pokok dipengaruhi oleh keterampilan
membaca intensif dan selebihnya sebesar 18.5 % dipengaruhi oleh faktor lain.
keterampilan membaca intensif dengan kemampuan menemukan ide pokok paragraf.
Hasil analisis data yang diperoleh berdistribusi normal dengan hasil rata-rata yang
diperoleh siswa dalam tes membaca intensif 65,83 dan menemukan ide pokok 66.54.
Teknik uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik
korelasi product momen dari Karl Person. Hasil analisis korelasi menunjukkan
bahwa 81.5% kemampuan menemukan ide pokok dipengaruhi oleh keterampilan
membaca intensif dan selebihnya sebesar 18.5 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.5195
Article Metrics
Abstract view : 159 timesPDF - 812 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)